Menjaga Ketahanan Pangan dalam Plant Protection Day 2012

Para pembicara seminar pada Plant Protection Day 2012 yang digelar oleh Klinik Tanaman Jurusan Hama Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian (Faperta) Unpad.*

[Unpad.ac.id, 26/12/2012] Tantangan dalam meraih ketahanan pangan semakin hari semakin berat, terlebih perubahan iklim yang terjadi saat ini telah menjadi sebuah ancaman nyata bagi pasokan pangan kita. Berkenaan dengan hal tersebut, Klinik Tanaman Jurusan Hama Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian (Faperta) Unpad menyelenggarakan acara Plant Protection Day 2012 dengan tema “Climate Change, Pest and Disease Status, and Food Security” pada 10-11 Desember lalu, di Bale Santika Waras Tanginas Binekas, Unpad, kampus Jatinangor.

Para pembicara seminar pada Plant Protection Day 2012 yang digelar oleh Klinik Tanaman Jurusan Hama Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian (Faperta) Unpad.*

Acara ini digelar dengan harapan agar dapat membuka wawasan masyarakat luas tentang perubahan iklim yang terjadi saat ini. Sehingga, kedepannya perubahan iklim tersebut dapat diantisipasi guna menjaga pangan yang notabene merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia.

Plant Protection Day 2012 terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan diantaranya seminar nasional, talk show interaktif, lomba cerdas cermat antar universitas di Indonesia, pameran fotografi, serta  pameran produk pertanian.

Dalam seminar nasional yang mengangkat tema “Pemahaman Perubahan Iklim Global terhadap Perkembangan Organisme Pengganggu Tanaman dan Dampaknya terhadap Ketahanan Pangan” hadir sejumlah pembicara seperti Ir. Lilis Irianingsih, MP. (Badan Ketahanan Pangan Daerah Jawa Barat), Dr. Ageng S. Herianto (Assistant FAOR) dan Ir. Firdaus Natanegara, MM. (Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tanaman). Sedangkan, moderator dalam acara ini adalah Lady Herawaty Hadriansyah (Mahasiswi Faperta Unpad).

Sedangkan dalam talk show interaktif hadir sejumlah narasumber lainnya seperti H. Deddy Ma’mun, Ir., MS. (Dosen Sosial Ekonomi Faperta Unpad), Endah Yulia, SP., M.Sc., PhD. (Dosen Hama dan Penyakit Tumbuhan Faperta Unpad), Dr. Sc. Agr. Agung Karuniawan (Dosen Pemuliaan Tanaman Faperta Unpad), dan Ir. Lilis Irianingsih, MP (Badan Ketahanan Pangan Daerah Jawa Barat). Mangangkat tema “Peran Perlindungan Tanaman dalam Menjaga Ketahanan Pangan” talk show ini dipandu oleh Ir. Luciana Djaya, M.Si.

Sementara itu, untuk lomba fotografi yang mengangkat tema “Eksotisme Hama Pengganggu Tanaman” dengan objek foto “Serangga Pengganggu Tanaman”, hadir sebagai juara pertama Ridho Adrian Hugraha. Sedangkan, di tempat kedua dan ketiga ditempati oleh Fitria Ariani Rahayu dan Haris Budiman. Mereka berhak menerima total hadiah sebesar Rp 3.000.000,00.

Lomba cerdas cermat diikuti oleh dua tim dari Unpad, tiga tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM), satu tim dari Universitas Sriwijaya, dan satu tim dari Universitas Nasional. Lomba cerdas cermat dijuarai oleh tim satu UGM untuk tempat pertama, tim satu Unpad di tempat kedua, dan di tempat ketiga dari Universitas Sriwijaya. Adapun total hadiah dari lomba cerdas cermat ini adalah Rp 3.000.000,00.*

Rilis oleh: Klinik Tanaman, Jurusan Hama Penyakit Tumbuhan, Faperta Unpad/ind

Share this: