KPM Unpad Berbagi Ilmu Keprotokolan dengan Usahid Jakarta pada Protocol Goes To Campus 2012

Rombongan KPM Unpad berfoto bersama dengan pihak Usahid Jakarta pada acara Protocol Goes To Campus 2012, Senin (10/12).*

[Unpad.ac.id, 12/12/2012] Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang dunia keprotokolan dan menjalin silaturahmi melalui kunjungan ke universitas-universitas, Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unpad menyelenggarakan “Protocol Coes to Campus (PGTC) 2012”. Kali ini KPM Unpad mengunjungi Universitas Sahid (Usahid) Jakarta pada Senin (10/12) dengan didampingi H. M. Fakhrudi Akbar , S.Sos. M.Si. selaku staf ahli Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Unpad.

Rombongan KPM Unpad berfoto bersama dengan pihak Usahid Jakarta pada acara Protocol Goes To Campus 2012, Senin (10/12).*

Kegiatan yang bertempat di Ruang Sidang Lantai 3 Usahid Jakarta ini dihadiri oleh perwakilan dari setiap Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) masing-masing fakultas disana dan para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Master of Ceremony (MC) dan Keprotokolan di Program D-III Fakultas Ilmu Komunikasi Usahid. Pada kesempatan tersebut juga dihadiri antara lain oleh Wakil Rektor III Usahid, Bernard Hasibuan, S.Pd., MMSi., Ph.D, Direktur Pemasaran Usahid Listiyono Setyo Pratignyo, S.H., Direktur Kemahasiswaan dan Kerja sama Usahid Nurul Haniza, Dra., M.Si., Kepala Humas Usahid Sri Prapti F. Nursanti, S.Sos.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III Usahid yang menjelaskan tentang keprotokolan di Usahid. Menurutnya, penyelenggaraan wisuda di Usahid Jakarta dilakukan oleh tim dari rektoratnya dan mahasiswa tidak terlalu banyak yang dilibatkan dalam wisuda tersebut. Hal ini berbeda dengan wisuda yang diselenggarakan di Unpad. Selain dari tim rektorat, panitia pelaksanan Sidang Senat Terbuka Unpad dalam pelaksanaan Wisuda juga melibatkan KPM Unpad dalam pelaksanaannya.

Di PGTC 2012 ini, tim KPM Unpad membawakan beberapa materi yang akan disampaikan kepada peserta PGTC 2012. Materi dibuka dengan gambaran mengenai KPM Unpad yaitu sejarah terbentuknya KPM Unpad, prestasi, visi dan misi KPM Unpad serta figur alumni dan juga  mitra kerja dari KPM Unpad sendiri. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai keprotokolan RI dan keprotokolan KPM Unpad termasuk pengenalan mengenai penugasan wisuda. Disini dijelaskan pula mengenai peran KPM Unpad dan juga elemen-elemen wisuda di Unpad seperi Liaison Officer (LO) VIP, LO Bunga, Barikade, MC dan Co-MC, dan lainnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan struktur organisasi KPM Unpad dan juga Kepribadian Protokoler. Setelah itu, dijelaskan berbagai macam pakaian dinas KPM Unpad seperti PDL (Pakaian Dinas Lapangan), PDH (Pakaian Dinas Harian), Batik, Pakaian formal, dan yang terakhir yaitu pakaian prosesi. Tidak lupa pula dijelaskan mengenai kelengkapan dari masing-masing pakaian itu seperti monogram, id card, name tag, dan lainnya. Terakhir, diberikan materi tentang MC dengan mengambil salah satu contoh MC yaitu MC di Wisuda Unpad.

Setelah penyampaian materi MC, acara dilanjutkan dengan simulasi MC. Semua peserta mahasiswa dari Usahid diberi kesempatan untuk mencoba menjadi seorang MC formal layaknya anggota KPM Unpad yang bertugas di wisuda Unpad. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sharing dan tanya jawab dari pihak Usahid maupun pihak Unpad.

Terakhir, acara ditutup dengan pemberian cenderamata dari masing-masing universitas. “Semoga kedepannya kami bisa terus menjalin relasi yang baik dengan Universitas Padjadjaran dan kami dapat mengunjungi Universitas Padjadjaran dalam waktu dekat,” ucap Bernard di penutup acara.*

Rilis oleh KPM Unpad/mar 

Share this: