IAAS LC Unpad Kenalkan Dunia Pertanian dan Cinta Lingkungan pada Pelajar Sekolah Dasar

Para murid SD Hegarmanah Jatinangor berfoto bersama dengan para pengurus IAAS LC Unpad pada penutupan Agroschooling di Arboretum Unpad, Jatinangor, Sabtu (1/12).*

[Unpad.ac.id, 04/12/2012] Untuk mengenalkan dunia pertanian pada murid-murid sekolah dasar, International Association of Students in Agricultural and related Sciences (IAAS) Local Committee Unpad menyelenggarakan Agroschooling di SD Hegarmanah, Jatinangor. Pada kegiatan tersebut, murid-murid SD ini selain dikenalkan dengan dunia pertanian dan seberapa pentingnya pertanian untuk kehidupan, mereka juga diajarkan untuk cinta lingkungan.

Para murid SD Hegarmanah Jatinangor berfoto bersama dengan para pengurus IAAS LC Unpad pada penutupan Agroschooling di Arboretum Unpad, Jatinangor, Sabtu (1/12).*

“Kami membuat program Agroschooling karena kami melihat minat dan pengetahuan anak-anak terhadap pertanian dan lingkungan sangat kurang, padahal pertanian adalah salah satu sektor penting di negara ini,” ujar Rizki Agustian selaku Ketua Pelaksana Agroschooling.

Pada kegiatan tersebut, IAAS LC Unpad mengunjungi SD Hegarmanah setiap seminggu sekali untuk berbagi pengetahuan tentang pertanian dan lingkungan dengan cara mengajarkan mereka sekaligus mempraktikkan cara menanam tanaman dengan baik agar tumbuh maksimal dan kemudian bersama-sama memanen sayur yang telah mereka tanam.

Setelah beberapa bulan pembelajaran berjalan, sebagai acara penutupan Agroschooling, pada Sabtu (1/12), IAAS LC Unpad mengajak sekitar 53 murid untuk pawai dari SD Hegarmanah menuju Arboretum Unpad, Jatinangor. Tujuannya adalah untuk berbagi pengetahuan kepada mereka tentang tanaman juga lingkungan, mengunjungi kebun IAAS dan sekaligus mengenalkan Arboretum Unpad.

Murid-murid SD tersebut sangat antusias mengunjungi Arboretum Unpad, karena ini menjadi hal yang pertama bagi mereka dimana IAAS mengenalkan tanaman dan mengajarkan cinta lingkungan secara langsung. Selain itu IAAS beserta murid-murid juga bermain bersama dengan berbagai games kekompakan yang menarik.

“Senangnya bisa berbagi dan mengenalkan pertanian dan cinta lingkungan kepada anak-anak dengan cara yang seru. Harapannya, bisa menumbuhkan kepedulian terhadap pentingnya pertanian dan cinta lingkungan pada mereka,” jelas Lika, Local Committee Director IAAS LC Unpad.

Rilis : IAAS LC Unpad/mar

 

 

Share this: