Delegasi Unpad untuk AAUSEF Berbagi Pengalaman dalam Asian Exchange Fair 2012

Prof. Afrouz Behboudi dari University of Skövde, Swedia sedang menyampaikan materi pada acara Asian Exchange Fair 2012, Rabu (19/12).*

[Unpad.ac.id, 22/12/2012] Minat mahasiswa Unpad untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa ke luar negeri semakin lama semakin tinggi. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti program-program pertukaran mahasiswa yang diselenggarakan oleh Unpad bekerja sama dengan berbagai institusi di luar negeri.

Prof. Afrouz Behboudi dari University of Skövde, Swedia sedang menyampaikan materi pada acara Asian Exchange Fair 2012, Rabu (19/12).*

Animo mahasiswa yang tinggi ini pun ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang mengikuti ajang Asian Exchange Fair 2012 yang diselenggarakan oleh para mahasiswa Unpad yang pernah mengikuti program AEON ASEAN University Students Environmental Forum (AAUSEF) bekerja sama dengan para mahasiswa  penerima beasiswa dan program pertukaran mahasiswa Ajou University Korea dan Rikkyo University Jepang, serta berkoordinasi dengan Kantor Kerja sama Luar Negeri (KLN) Unpad. Acara ini diselenggarakan di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (19/12) lalu.

Dalam rilisnya disebutkan bahwa acara tersebut terbagi dalam beberapa sesi, diantaranya adalah talkshow sekaligus presentasi mengenai kegiatan program pertukaran mahasiswa dan beasiswa AAUSEF, Ajou dan Rikkyo, sembari membagi pengalaman dan cerita selama disana. Yang menarik, terdapat sesi tips dan trik agar lolos seleksi program-program tersebut.

Widya salah seorang anggota delegasi AAUSEF menuturkan bahwa kesungguhan dan keyakinan ialah modal utama agar usaha kita untuk mencapai impian dapat terwujud. Adapun mengenai proses seleksi, Bakti, alumni delegasi Ajou University Exchange Program menjelaskan bahwa tahapan seleksi untuk exchange program atau pertukaran mahasiswa sesuai standar Unpad dilakukan di bawah naungan KLN Unpad dengan urutan seleksi berkas, diskusi, presentasi, dan wawancara. Ia juga berpesan kepada para aplikan untuk lebih spesifik dalam menuliskan esai motivasi, serta menunjukkan apa yang ingin dicapai dengan jelas.

Tak hanya berhenti pada program kerja sama dengan Jepang dan Korea, pada kesempatan tersebut, peserta yang hadir pun mendapatkan kejutan manis dengan tambahan presentasi beasiswa dan studi di Swedia yang disampaikan langsung oleh Koordinator Hubungan Internasional dan Eksternal University of Skövde, Prof. Afrouz Behboudi.

Terakhir, momen ini juga dimanfaatkan untuk meluncurkan akun Twitter @UnpadOverseas dan situs http://unpadoverseas.wordpress.com yang merupakan wadah networking mahasiswa Unpad pencari beasiswa dan pertukaran pelajar keluar negeri. Mutty, selaku Penanggung Jawab Umum kegiatan tersebut dan penggagas The Unpad Overseas Network“ menuturkan, “Acara ini merupakan persembahan kepada universitas dari kami delegasi AAUSEF yang telah diberikan kesempatan oleh Unpad. Kami ingin agar terbaginya pengalaman kami, dapat bermanfaat dan menjadi bekal hidup bagi teman-teman mahasiswa.”

Dengan adanya The Unpad Overseas Network, diharapkan dapat membantu KLN Unpad dalam menyebarkan informasi beasiswa dan program pertukaran mahasiswa serta mempererat silahturahmi delegasi program-program terkait. Untuk jangka waktu kedepannya, ditargetkan agar forum ini dapat menjangkau alumni-alumni Unpad di luar program AAUSEF, Rikkyo, Tenri dan Ajou.*

Rilis oleh: Delegasi Unpad untuk AEON ASEAN University Students Environmental Forum/mar

 

 

Share this: