Westra Tanribali Raih Predikat Lulusan Terbaik School Of Diplomacy 2012

Westra Tanribali *

[Unpad.ac.id, 9/11/2012] Westra Tanribali, Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP Unpad angkatan 2010 berhasil lulus dan mendapatkan gelar Valedictorian atau lulusan terbaik dari School of Diplomacy 2012. School of Diplomacy 2012 adalah sebuah rangkaian acara pelatihan berdiplomasi, mulai dari pelatihan public speaking, negosiasi, dan drafting.

Westra Tanribali *

Untuk tahun ini, School of Diplomacy 2012 diadakan di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia pada tanggal 4 November 2012 kemarin. Acara yang terselenggara atas kerjasama Universitas Indonesia dengan Kementerian Luar negeri RI ini merupakan salah satu ajang pelatihan teknik berdiplomasi terbaik yang ada di Indonesia.

Dalam School of Diplomacy 2012, para peserta masuk ke dalam tiga kelas untuk mendapatkan materi yang berbeda-beda, yaitu moderated caucus class, negotiation class, dan drafting class. Moderated caucus class mengajarkan para peserta bagaimana cara untuk berbicara dan berpidato dalam sidang internasional, mulai dari Role of Procedure, bahasa (conference language), hingga pelatihan berekspresi dan intonasi ketika berbicara.

Kelas lainnya yang harus diikuti para peserta yaitu negotiation class. Di sini, para peserta dilatih bagaimana cara bernegosiasi yang efektif baik di dalam maupun di luar konferensi internasional dan bagaimana membentuk aliansi dengan negara-negara lain. Sementara itu, di drafting class, para peserta dilatih untuk menulis dokumen resmi seperti position paper, working paper, draft resolution, dan resolution yang biasa dilakukan dalam sebuah konferensi internasional, mulai dari perbedaan diantara jenis-jenis dokumen tersebut, struktur dokumen, bahasa yang dapat dipergunakan, hingga bagaimana menulis dokumen resmi tersebut.

School of Diplomacy tahun ini diikuti oleh lebih dari seratus mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Setelah mendapatkan berbagai ilmu di ketiga kelas tersebut, para peserta kemudian diajak untuk melakukan simulasi konferensi internasional yang pada tahun ini membahas mengenai Energy Poverty. Dalam simulasi konferensi ini, Westra Tanribali berkesempatan untuk mewakili negara Qatar.

Gelar Valedictorian yang diraih Westra merupakan gelar tertinggi yang menjadi incaran para peserta School of Diplomacy. Bagi Westra sendiri, tak mudah untuk begitu saja meraih gelar ini, terlebih hanya satu orang yang berhak mendapatkan sekaligus menyandang gelar lulusan terbaik ini. Untuk mendapatkan gelar ini, sebelumnya Westra harus menjadi peserta terbaik disetiap kelas serta peserta terbaik pula dalam simulasi konferensi. Westra berhasil mendapatkan 3 golden stars, yang menandakan bahwa dirinya berhasil menjadi peserta terbaik disetiap kelas. Selain itu, Westra juga berhasil menjadi peserta terbaik dalam simulasi konferensi hingga akhirnya ia berhasil menjadi peserta yang lulus School of Diplomacy 2012 dengan predikat Valedictorian.

Predikat ini tentu saja merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Westra dan tentu saja Unpad sebagai institusi, karena ini merupakan kali pertama mahasiswa Unpad meraih gelar Valedictorian. Westra yang bercita-cita untuk menjadi seorang diplomat ini pun berharap predikat yang berhasil ia raih dapat menjadi pelatuk bagi dirinya untuk terus mengasah kemampuan dalam berdiplomasi. “Hasil ini merupakan sebuah pacuan bagi saya untuk terus meningkatkan kemampuan berdiplomasi untuk mencapai hasil yang lebih baik,” ujarnya. *

Rilis / eh *

Share this: