Unpad Jajaki Program Pertukaran Mahasiswa dengan Dhurakij Pundit University Thailand

President Dhurakij Pundit University, Assoc.Prof. Dr. Varakorn Samakoses (kiri) menerima cenderamata dari Wakil Rektor III Unpad, Dr. med. Setiawan, dr., (kanan) usai penandatanganan MoA, Rabu (21/11) di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. (Foto: Tedi Yusup)

[Unpad.ac.id, 21/11/2012] Satu lagi kesempatan bagi mahasiswa Unpad untuk turut menimba ilmu di universitas di luar negeri dalam program pertukaran mahasiswa. Kesempatan kali ini merupakan hasil kerja sama antara Unpad dengan Dhurakij Pundit University, Thailand yang dituangkan dalam penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara kedua belah pihak.

President Dhurakij Pundit University, Assoc.Prof. Dr. Varakorn Samakoses (kiri) menerima cenderamata dari Wakil Rektor III Unpad, Dr. med. Setiawan, dr., (kanan) usai penandatanganan MoA, Rabu (21/11) di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. (Foto: Tedi Yusup)

Penandatanganan MoA dari pihak Unpad  diwakili oleh Wakil Rektor III Unpad, Dr. med. Setiawan, dr., dengan President Dhurakij Pundit University, Assoc.Prof. Dr. Varakorn Samakoses dan Vice President for Academic Affairs Dhurakij Pundit University, Assoc. Prof. Dr. Somboonwan Satyarakwit. Acara tersebut berlangsung di Lantai 2 Gedung Rektorat Unpad, kampus Unpad Jatinangor, Rabu (21/11) dan juga disaksikan oleh beberapa perwakilan fakultas di lingkungan Unpad.

Usai penandatanganan MoA tersebut, Kepala Kantor Urusan Internasional Unpad, Anne Nurbaity, S.P., M.P., Ph.D., yang turut menghadiri acara tersebut menyampaikan bahwa kerja sama ini pada awalnya digagas oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad. Kerja sama tersebut antara lain diterapkan dalam bentuk penyelenggaraan sebuah konferensi internasional bertajuk “The Global Advanced Research Conference on Management and Business Studies” yang digagas bersama oleh FEB Unpad dan Dhurakij Pundit University, Thailand dan Universiti Malaysia Terengganu, yang digelar pada Kamis (22/11) ini.

Selanjutnya Anne menjelaskan bahwa kerja sama tersebut kemudian diperluas dengan menyelenggarakan program pertukaran mahasiswa antara Unpad dengan Dhurakij Pundit University. Sebagai pendahuluan,program tersebut direncanakan akan dimulai pada tahun 2013 mendatang dengan mengirimkan sebanyak lima orang mahasiswa FEB Unpad untuk kuliah di Dhurakij Pundit University. “Awalnya dari FEB, tapi selanjutnya, program ini pun akan diikuti oleh fakultas-fakultas lain di lingkungan Unpad seperti FTIP, FMIPA, FIB, dan lain-lain,” ujarnya.

Anne juga menyampaikan bahwa selain program pertukaran mahasiswa, kerja sama ini juga akan diperluas dengan penyelenggaraan program pertukaran dosen. Dengan pertimbangan bahwa pengajaran Bahasa Indonesia saat ini sedang menjadi tren di Thailand, Unpad akan mengirimkan salah satu dosennya untuk mengajar Bahasa Indonesia di Dhurakij Pundit University, Thailand.*

Laporan oleh: Marlia

Share this: