Hima Ekonomi Studi Pembangunan FEB Unpad Gelar Microeconomics Competition 2012

[Unpad.ac.id, 23/11/2012] Untuk ketiga kalinya, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan (ESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad menggelar “Microeconomics Competition”, Jumat hingga Minggu (23-25/11) di Kampus Unpad Jl. Dipati Ukur 35 Bandung. Tahun ini, kegiatan tersebut mengusung tema “Improve Yourself with Microbusiness Sense”.

Logo Unpad *

“Ide awal digelarnya lomba ini ialah kami ingin mengadakan sebuah kompetisi yang lain daripada biasanya,” ujar Doli Parama, Ketua Pelaksana MC 2012. Menurutnya, selama ini kompetisi ekonomi seringkali digelar berupa presentasi makalah atau paper yang dibuat oleh peserta. Oleh karena itu, sejak tiga tahun yang lalu, digelar kegiatan MC dengan tujuan untuk mengompetisikan mengenai mikroekonomi.

Kegiatan ini terdiri dari tiga rangkaian kegiatan, yakni kompetisi Mikroekonomi, Call for essay dan Field trip. Kompetisi mikroekonomi sendiri terdiri dari tiga babak, yakni babak kualifikasi yang mencakup ujian tertulis dan cerdas cermat tentang konsep mikroeonomi, babak semi final dan final untuk memperbutkan total hadiah sebesar Rp 10 juta dan piala begilir Microeconomics Competition. Sementara untuk Call for essay, peserta membuat dan mengirimkan sebuah essay tentang bagaimana pengaplikasian konsep ilmu mikroekonomi dalam mikrobisnis.

Untuk kegiatan field trip, ini merupakan ide baru yang digagas oleh Doli dan kawan-kawan. Peserta akan diajak untuk berkunjung ke sentra Tahu Susu Lembang dengan tujuan untuk mengetahui lebih dalam pengaplikasian mikrobisnis menjadi sebuah sentra usaha. “Melalui field trip, kita sekalian memperkenalkan bagaimana konsep yang dilombakan tersebut diaplikasikan menjadi mikrobisnis,” jelasnya.

Dalam kegiatan MC tahun ini, jumlah tim yang mendaftar meningkat menjadi 36 tim. Untuk tahun lalu, jumlah peserta yang mengikuti kompetisi ini sebanyak 30 tim. Jumlah 36 tim tersebut berasal dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Jumlah tersebut sesuai dengan target yang direncanakan sebelumnya.

Doli menjelaskan, target untuk mendatangkan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia telah tercapai, sehingga ia pun berharap untuk tahun depan kegiatan serupa akan mendatangkan lebih banyak peserta lagi.”Tahun depan akan kami rencanakan Microeconomis Competition dengan skala ASEAN,” harapnya.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

Share this: